Wajah Bengkak pada Bayi Baru Lahir, Normalkah?

Ketika anak pertama saya lahir, sukacita saya sungguh luar biasa. Sangat tidak sabar untuk melihat wajahnya. Dan ketika saya melihat wajah anak saya, saya cukup terkejut, muncul pertanyaan dalam pikiran saya, mengapa wajah anak  saya kelihatan bengkak? Apakah dia sakit?

Mungkin bukan hanya saya yang pernah menanyakan hal tersebut, apakah Mama juga pernah menanyakan hal yang sama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas mengenai penampilan pertama bayi kita ketika baru lahir.

Mata Bengkak

Mengapa wajah bayi terlihat bengkak pada saat baru lahir? Bayi normal pada umumnya berendam di dalam cairan air ketuban selama kurang lebih sembilan bulan, kemudian ketika Ia lahir, Ia harus ditekan melalui jalan lahir yang sempit. Jadi wajar saja jika mata bayi Mama mengalami pembengkakan.

Gelaja ini normal dan Mama tak perlu kuatir. Dalam beberapa hari, pembengkakan pada area mata dan wajah akan hilang dengan sendirinya. Dan Mama akan melihat sosok seorang bayi yang lucu dan imut setelah bengkaknya hilang.

Bentuk Kepala

Ketika di dalam rahim, biasanya bentuk kepala bayi akan menyesuaikan bentuk pinggul ibu. Ditekan di dalam leher rahim yang sempit dapat juga mengakibatkan bentuk kepala yang berubah hingga mirip benjolan. Tapi lagi-lagi Mama tak perlu cemas, dalam 1-2 hari benjolan tersebut akan hilang. Setelah itu kepala bayi Mama akan mulai berbentuk oval/bundar.

Jika terdapat kotoran di kepala bayi, Mama dapat membersihkannya dengan cara mengusapkan kapas yang sudah diberi baby oil. Ingat, kepala bayi yang baru lahir masih sangat lembut, jadi Mama harus ekstra hati-hati ketika membersihkannya.

Rambut Bayi

Beberapa bayi dilahirkan dengan tanpa rambut (botak), jadi wajah bayi Anda akan kelihatan semakin bengkak. Ada juga bayi yang lahir dengan rambut yang hitam dan lebat, tetapi sebagian besar bayi lahir dengan tertutup rambut halus. Rambut awal bayi akan hilang sedikit demi sedikit dan digantikan dengan rambut yang baru, kemungkinan tekstur dan warnanya berbeda.

Bagaimana dengan rambut halus di tubuh bayi?

Biasanya rambut halus ini ada disekitar pundak, dada, punggung, dahi bahkan di telinga bayi. Rambut ini akan rontok dengan sendirinya. Ada yang rontok dalam waktu seminggu atau bahkan sebulan.

Kulit Bayi

Ketika baru dilahirkan, kulit bayi bisa bewarna merah, merah muda atau putih. Ini terjadi karena pada kulit bayi belum muncul zat warna atau pigmentasi hingga beberapa jam setelah kelahiran. Mungkin kulit bayi Mama juga akan dihiasi jerawat-jerawat kecil atau ruam kulit, ada juga kulit bayi yang kering dan pecah-pecah. Tenang saja Ma, ini akan segera pulih.

Tanda Lahir

Tanda Lahir atau yang disebut Hemangioma adalah tanda lahir berupa penebalan kulit yang bentuk dan ukurannya beragam. Biasanya tanda lahir ini berwarna hijau tua, kebiru-biruan atau abu-abu. Daerah yang sering muncul tanda lahir diantaranya punggung, pantat, lengan atau paha. Tanda lahir ini rata-rata akan hilang jika Anak berusia 4,5 tahun dengan proses memudar pelan-pelan kemudian hilang dengan sendirinya.

Sekarang Mama tak perlu kuatir jika melihat wajah bengkak pada bayi yang baru lahir. Jangan sampai Mama stres dan ASI tidak mengalir. Mama harus tenang dan bahagia supaya ASI nya banjir. Ok, Ma!

Reply