Tanda-tanda Awal Kehamilan

Kehamilan adalah sesuatu yang begitu dinantikan oleh setiap wanita. Mengetahui dengan pasti bahwa kita akan memiliki buah hati pasti sungguh menggembirakan. Mungkin saat ini Anda sedang mengalami gejala-gejala aneh yang menandakan kehamilan. Apakah Anda penasaran dan bertanya, “Apakah Saya sedang hamil?” Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, tidak ada salahnya jika Anda segera ke Apotek dan membeli alat uji kehamilan…

Mual

Tanda atau gejala yang paling sering ditemui saat hamil adalah mual. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 75% wanita hamil mengalami rasa mual dan ingin muntah. Hanya 25% wanita cukup beruntung yang tidak mengalami masa-masa mual. Rasa mual dan ingin muntah or morning sickness biasanya dialami segera setelah terjadinya kehamilan, meskipun ada juga yang baru muncul sekitar minggu ke-6. Ini akan dirasakan oleh ibu hamil setidaknya sampai trimester pertama [tiga bulan pertama kehamilan] berlalu.

Kelelahan

Apakah Anda merasa lelah, seolah-olah tenaga benar-benar habis terkuras? Selalu ingin tidur dan beristirahat. Tubuh Anda saat ini sedang “membuat bayi” jadi memang sangat menguras tenaga. Tubuh yang hamil bekerja lebih keras daripada tubuh yang tidak hamil. Jadi jika Anda merasa sangat lelah, beristirahatlah. Jangan memaksakan diri. Mungkin ini isyarat si kecil yang minta mamanya beristirahat sebentar.

Sering buang air kecil

Pada awal kehamilan (biasanya sekitar 2-3 minggu setelah kehamilan) keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam. Ini terjadi karena hormon tubuh Anda memicu aliran air seni. Tubuh Anda harus membuang limbah dari sistem peredaran Anda dan sistem peredaran darah bayi Anda (artinya, Anda buang air kecil untuk 2 orang). Rahim yang mulai membesar sekarang mendesak kandung kemih Anda sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk menampung air seni. Akibatnya, Anda sering bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil deh.

Peka terhadap bebauan

Beberapa wanita hamil merasakan peningkatan ketajaman indra penciuman. Ibu hamil tiba-tiba tidak suka pada bau bawang merah yang digoreng atau jadi membenci bau uap nasi, atau mendadak tidak suka pada bau yang lainnya. Hidung Anda mudah merasa tidak nyaman jika mencium aroma tertentu dalam kadar yang sebenarnya masih bisa ditoleransi sebelum Anda hamil. Anda tidak perlu kuatir tentang hal ini, karena setelah melahirkan hidung Anda akan kembali normal.

Berhenti menstruasi

Jika Anda berhenti menstruasi atau melewatkan rentang waktu sepanjang satu siklus normal (khususnya jika menstruasi Anda biasanya teratur), Anda sudah bisa menduga bahwa sedang ada seorang bayii kecil di rahim Anda.

 

Nah 5 hal tersebut merupakan gejala awal kehamilan atau tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh wanita pada umumnya. Apakah Anda merasakan gejala tersebut? Mungkin Anda sedang hamil. Segera lakukan test dan bersiaplah untuk mengumumkan kabar baik ini. Selamat berbahagia! 

Reply