Cara Tradisional Mengatasi Flu dan Batuk pada Anak

Bagaimanakah cara tradisional untuk mengatasi flu dan batuk pada anak? Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul di benak Mama. Namun sebelum membahas cara tesebut, mari kita ketahui dulu hal-hal apa saja yang menjadi penyebab anak-anak kita terserang flu dan batuk.

Flu dan batuk sangat rentan menyerang buah hati Mama yang masih kecil. Ini sebabkan karena anak-anak suka bermain tanpa memperhatikan kebersihan. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu yang mereka anggap baru. Tanpa memperhatikan benda tersebut bersih atau kotor, anak-anak seringkali langsung menyentuh benda apapun yang menarik hati mereka. Padahal tanpa mereka sadari, virus bisa saja masuk kedalam tubuh mereka dan menyebabkan sakit. Tetapi Mama tidak perlu kuatir berlebihan jika anak Anda sakit. Berikut ini ada beberapa cara tradisional yang bisa Mama gunakan untuk mengatasi virus flu dan batuk yang menyerang buah hati.

Bawang Merah

Bawang merah dikenal sebagai bumbu masakan utama dan wajib digunakan. Selain itu ternyata bawang merah juga merupakan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan dan Manfaat Bawang Merah

Dalam bawang merah terdapat Folat yang dapat membantu mengatur suasana hati, membuat tidur lebih nyaman dan mengatur nafsu makan dengan baik. Bagi anak yang terserang flu atau batuk, Mama cukup memarut bawang merah kemudian campurkan dengan minyak telon dan balurkan ke sekujur punggung dengan sedikit diurut. Untuk pencegahan terhadap flu, Mama cukup mengiris tipis beberapa siung bawang merah, kemudian letakkan dalam kamar. Irisan bawang merah dipercaya dapat menyerap virus flu tersebut.

Jahe

Jahe yang dikenal sebagai rempah multiguna ini sangat mudah ditemukan dimanapun. Berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan gatal pada tenggorokan. Jahe juga dapat digunakan untuk menghilangkan batuk kering dan berdahak.Caranya mudah sekali, Mama hanya perlu mengupas dan mencuci bersih jahe kemudian “digeprek” atau bisa juga dipotong kecil-kecil lalu campurkan pada seduhan teh hangat.

Jika ingin membuat minuman jahe, caranya rebus jahe dan sereh kemudian tambahkan gula merah sesuai selera. Rebus sampai mendidih dan air jahe siap diminum hangat-hangat. Jika antibodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri atau virus yang menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh, kita bisa minum wedang jahe secara teratur.

Vitamin C

Cara ketiga yang cukup ampuh untuk mengatasi flu dan batuk adalah dengan mengonsumsi Vitamin C. Vitamin C memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit, membantu penyerapan zat besi dan juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran dalam tubuh.

Ketika buah hati Mama terkena flu, demam ataupun batuk, kebutuhan vitamin C dalam tubuhnya meningkat. Jadi Mama perlu memenuhi kebutuhan vitamin C mereka. Pemenuhan kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah dan sayur seperti jeruk, tomat, mangga, pisang, kol, lemon, susu, kentang dan mentega.

Minum Air Hangat

Saat batuk, tenggorokan akan terasa gatal dan serak. Minum air hangat bisa meredakan gatal pada tenggorokan. Rasa hangat dari air tersebut dapat menetralisir virus batuk yang ada dalam tenggorokan. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa.

Air yang sehat adalah air hangat murni (tidak dicampur gula) dan jernih yang tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati. Mama juga bisa membuat air hangat dicampur dengan perasan lemon, tentunya ini akan semakin menyehatkan tubuh.

Makan dan Istirahat yang Cukup

Meskipun ketika anak Anda flu atau batuk selera makan mereka berkurang, Mama tetap harus memastikan bahwa mereka mendapat makan dan asupan gizi yang cukup. Jangan biarkan anak tidak makan, buatkanlah makanan kesukaan mereka.

Makanan yang hangat seperti sup, kolak atau bubur kacang hijau relatif mudah dibuat dan rasanya juga enak. Setelah anak kenyang, persilakan mereka untuk tidur dan beristirahat, kurangi waktu bermainnya. Jelaskan pada anak bahwa tidur diperlukan untuk mempercepat kesembuhan mereka. Jika mereka sehat, mereka dapat kembali bermain tanpa terganggu.

Demikianlah tips sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu dan batuk yang menyerang anak Anda. Jangan terburu-buru membawa buah hati Mama ke dokter. Cara-cara tradisional ini relatif mudah untuk dicoba dan semoga buah hati kembali sehat dan ceria. Selamat mencoba, Mama!

Reply